• Post author:
  • Reading time:8 mins read
Rosemary, Cloves & Cinnamon Essential Oils

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar istilah aromaterapi, apalagi kamu yang suka memanjakan indera penciuman dengan wangi – wangian yang menyegarkan bahkan sampai bisa memberikan efek relaksasi. 

Nah Essential Oil, merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam praktek aromaterapi, untuk mendapatkan manfaat terapeutik bagi penggunanya. Kali ini, Tim Wignja Sudah melakukan riset dari berbagai sumber dan akan menjelaskan beberapa poin penting mengenai Essential Oil, Yuk simak dibawah ini

Apa itu Essential Oil?

Pada dasarnya, Essential Oil— atau dikenal juga dengan nama Minyak Atsiri — merupakan sebuah ekstrak yang berasal dari tumbuhan. Minyak ini umumnya dibuat dengan cara metode distilasi uap dari berbagai bagian tumbuhan seperti; bunga, kulit pohon, daun, sampai buahnya, untuk mendapatkan senyawa yang memiliki esens harum. Untuk memproduksi sebotol Essential Oil, dibutuhkan beberapa kilo dari bagian tumbuhan tertentu lho. 

Bagaimana Cara Kerja Essential Oil?

Aroma memiliki kemampuan untuk menstimulasi ingatan kita. Pasti kamu pernah kan, menghirup aroma tertentu lalu teringat momen spesifik yang erat kaitannya dengan wangi tersebut, contohnya seperti memori semasa kecil, tempat tertentu, sampai momen-momen masa lalu yang samar namun terasa familiar.

Essential Oil dikenal memiliki efek terapeutik dengan cara menstimulasi sistem indera penciuman kita yang terhubung dengan limbic system — bagian otak kita yang berhubungan dengan sifat dan respon emosi manusia. Pada limbic system ini, terdapat amygdala, hippocampus, dan hypothalamus, semua ini adalah bagian yang terdapat pada otak manusia, yang bertanggung jawab dalam membentuk respon emosi, dan menyimpan ingatan.

Nah karena itu, dengan menghirup Essential Oil, tentunya dapat memiliki dampak yang cukup signifikan baik secara fisik maupun psikologi, dikarenakan indera penciuman kita yang berhubungan langsung dengan limbic system tersebut. Selain dihirup, Essential Oil juga dapat diresap melalui pori-pori kulit kita lho.

Baca Juga: Penerapan Essential Oil dalam Kehidupan Sehari – hari

Manfaat Penggunaan Essential Oil

Nah setelah membaca penjelasan diatas, kamu paham kan bagaimana wangi dari senyawa tersebut mempengaruhi otak, tapi kamu tau ga keuntungan yang didapat sehari – hari nya pada penggunaan Essential Oil ini? Yuk simak lagi manfaat yang bisa kamu langsung rasakan

1. Mengatasi Stres dan Kecemasan

Wangi – wangian merupakan sebuah pengalaman yang memanjakan indera penciuman yang menenangkan sampai menyenangkan. Menurut studi yang dilakukan di Amerika Serikat, sebanyak 43% orang yang mengalami stres, dan gangguan kecemasan menggunakan terapi alternatif untuk mengurangi gejala yang mereka miliki. Dalam beberapa studi menjelaskan bahwa penggunaan aromaterapi sebagai metode tambahan dalam menangani stress dan gangguan kecemasan terbukti cukup efektif.

2. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Untuk kamu yang mengalami sakit kepala atau migrain, kamu bisa nih coba gunakan Essential Oil sebagai pengganti obat karena hal ini terbukti efektif sebagai metode untuk menyembuhkan sakit ini. Penggunaan peppermint oil dengan campuran ethanol dapat mengurangi sakit yang dirasakan dengan cara mengoleskannya pada area kening. 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mengurangi Insomnia

Kualitas tidur yang buruk dapat disebabkan berbagai macam faktor, entah itu karena efek kafein, kondisi stres, lingkungan kamar tidur, dan lainnya. Tim Wignja melakukan riset dan kami menemukan fakta bahwa menghirup aroma lavender memiliki efek positif dalam membantu mengatasi insomnia sampai peningkatan kualitas tidur itu sendiri. Tapi ingat yaa kalau kamu mengkonsumsi kafein di malam hari, pasti tetap akan melek sampe subuh.

Baca Juga: Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Essential Oil terhadap Bayi dan Balita

Hal Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Essential Oil

Tidak semua jenis Essential Oil cocok untuk segala usia dan jenis kulit

Setiap manusia memiliki kondisi kulit yang berbeda – beda, beberapa diantaranya memiliki alergen terhadap senyawa yang terkandung dalam Essential Oil tertentu. Dengan fakta tersebut, dapat diartikan bahwa tidak semua Essential Oil dapat digunakan untuk berbagai usia. Ada kalanya, kamu perlu melarutkan oil tersebut dengan carrier oil. Contoh sederhananya adalah Peppermint, yang memiliki karakter panas pada kulit, untuk kondisi kulit yang sensitif, peppermint perlu dicampur dengan carrier oil, agar efek panas pada kulit bisa berkurang.

Apa itu Carrier Oil?

Ohya Wignja juga menjual produk carrier oil lho, bisa cek disini.

Beberapa jenis Essential Oil tidak dapat langsung dikonsumsi

Metode yang paling aman untuk mengkonsumsi Essential Oil adalah dengan cara dihirup. Untuk kamu yang baru mau mulai menggunakan Essential Oil, kamu bisa coba metode ini menggunakan infused candle incense atau cara yang lebih mudah nya, kamu bisa langsung hirup dengan membuka botol tersebut sekiranya kamu butuh untuk relaksasi. 

Nah bagi kamu yang ingin mengkonsumsi Essential Oil, perlu ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena tidak semua jenis Essential Oil dapat langsung dikonsumsi. Kalau kamu mau mengkonsumsi Essential Oil, kamu perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu yaaa

Baca juga: Cara Mengkonsumsi Essential Oil Dengan Aman

Simpan Essential Oil pada tempat yang gelap dan sejuk

Hindari penempatan Essential Oil pada area yang terpapar sinar matahari langsung dengan suhu yang relatif panas. Penyimpanan di area yang gelap dengan temperatur suhu ruangan merupakan cara paling tepat untuk menyimpan minyak ini. Essential Oil yang kualitasnya sudah menurun akan kehilangan manfaat terapeutik-nya bahkan bisa sampai mengiritasi kulit. Untuk memeriksa kondisi Essential Oil, kita dapat mencium aroma nya apakah sudah berubah atau belum. Kalau kamu masih tidak yakin juga, lihat saja umur essential oil nya, apabila sudah berumur lebih dari setahun, lebih baik kamu beli yang baru.

Untuk Kalian Yang Baru Mulai

Untuk kamu yang baru mau memulai mengkonsumsi Essential Oil untuk baik untuk keperluan terapeutik atau untuk koleksi, ini adalah jenis Essential Oil yang paling umum dan paling serbaguna. Hampir semua brand akan menjual produk ini yaitu:

  • Lavender Oil 
  • Peppermint Oil
  • Tea Tree Oil

Penutup

Demikian pengenalan dasar dari Essential Oil yang bisa tim Wignja berikan untuk kamu yang baru mau mulai atau sedang mencari oil yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari mu. 

Nah, untuk kamu yang masih penasaran dan bingung mengenai Essential Oil, kami menyediakan group telegram channel Wignja, disini kamu bisa mendapat informasi bermanfaat seputar Essential Oil, dan juga setiap hari nya akan disebarkan info terkait produk dan promo juga lho! 

Yuk tunggu apa lagi bisa langsung gabung disini! Ohya jangan lupa juga cek etalase produk dari Wignja yaaa.

Radius Arianto

Sarjana Teknik Kimia yang gemar membaca buku, dan bertualang. Sehari-hari dia menghabiskan waktu untuk mengajar di program kampus merdeka, dan aktif sebagai trainer di kementrian pendidikan dan kementrian komunikasi

Tinggalkan Balasan